Saturday, August 8, 2009

Emergency Lamp Menggunakan Neon

Sebelumnya saya sudah pernah Posting mengenai membuat lampu penerangan darurat yang rangkaianya menggunakan LDR dan menggunakan lampu mobil 12 V. Pada postingan itu sempat ada yang menayakan mengenai beban lampu yang ingin di ganti dengan neon atau biasa di sebut lampu TL. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berikan rangkaian emergency lamp menggunakan neon. Rangkaianya seperti pada gambar di bawah ini :


Penjelasan:
Rangkaian ini sebenarnya cukup sederhana dan gampang di buatnya asalkan pada saat kita memasang komponen itu cermat, pasti akan berhasil , yang perlu diperhatikan lagi adalah trafo nya karena trafo ini tidak di jual di toko manapun jadi wajib di buat sendiri , kalau tidak bisa silahkan minta bantuan teman yang bisa . Untuk komponen lainya saya kira tidak ada masalah .

Trafo di sini fungsinya untuk membangkitkan GGL / tegangan induksi dari rangkaian sebelumya dan digunakan untuk menyalakan lampu neon

Pembuatan Trafo:

Untuk membuat trafo di perlukan kawat email berdiameter 1,0 mm Koker yang terbuat dari plastik 1,5 cm dan batang ferrit panjangnya 7,5 cm .

Lilitan Primer menggunakan TAP maksudnya adalah kita buat gulungan pada koker sejumlah 30 lilitan kemudian sisakan kawatnya ( untuk TAP ), kemudian buat lagi 30 lilitan untuk jelasnya lihat pada gambar skema di atas

Lilitan sekunder harus searah dengan lilitan primer jumlah lilitan sekunder adalah 300 lilitan.

Nyala lampu neon bisa di atur dengan menggunakan Switch, jika switch terhubung ke R3 maka nyala lampunya adalah terang tapi jika switch terhubung dengan R4 maka nyala lampu menjadi redup.

Daftar komponen :
R1 = 10K
R2 = 47 OHM
R3 = 270 OHM
R4 = 820 OHM
C1 = 0,1 UF/100V
C2 = 470 UF/16V
D = 1N5402
Q = C1061 / D313 ( pasang plat pendingin)
Kawat email diameter : 1,0 mm
Koker plastic diameter 1,5 cm.
Batang ferrit panjang nya kira kira 7,5 cm.

1 comments:

Anonymous said...

saya tertarik bikin, mau tanya itu lilitan P ditimpa S atau sebaliknya mas,trus neonnya maks berapa watt.Trims

Post a Comment