Saturday, August 22, 2009

Sakelar cahaya yang sensitif dengan relay.

Sakelar yang di gerakkan dengan cahaya memang sudah sering kita temui dalam proyek elektronika tetapi sakelar cahaya yang ini ada kelebihannya. Kita lihat dulu skema sakelar cahaya dengan relay berikut ini :


Mengamati rangkaian inti :
Rangkaian ini menggunakan IC OPAMP 741 yang mempunyai kelebihan yaitu :
  1. Penguatanya sangat besar ( kira kira 100.000 kali atau 100 db ).
  2. Impedansi masukanya besar ( kira kira 1 Mohm pada masing masing terminal inputnya ).
  3. Impedansi keluaranya rendah hanya beberapa ratus ohm.
  4. Tanggapan frekwensinya dapat di kendalikan
Dari karakteristik seperti itu IC OPAMP 741 bisa di manfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya : sebagai penguat arus bolak balik, rangkaian alat ukur, osilator, rangkaian pengindra (sensing circuit) dll.

Rangkaian yang kita buat ini sangat peka ( sensitif ). Input yang hampir mendekati nol sudah dapat menghidupkan relay, perhatikan LDR dan resistor 1K yang diseri dengan VR ini merupakan rangkaian keseimbangan yang di hubungkan dengan kaki nomor 2 pada IC. Rangkaian keseimbangan LDR, R3, dan VR ini mengakibatkan tidak seimbangnya penguat OPAMP 741, sehingga output IC 741 menjadi tinggi dan men triger basis transistor 2N 3643 transistor pun menjadi ON transistor pun mengemudikan kumparan magnet relay yang di paralel dengan Dioda OA 91, Dioda ini berfungsi untuk melindungi transistor dari tegangan kejut balik relay pada saat transistor OFF.

Tingkat kepekaan penguat OPAMP dapat di ubah dengan merubah nilai R4 mulai dari 4,7 K sampai 1 M tergantung keperluan dan intensitas cahaya yang jatuh pada LDR.

Tingkat selektifitasnya bisa di setel dengan Trimpot. Misalnya : bisa saja kita menginginkan jika cahaya nya ramang remang relay belum ON jika sudah terang baru ON atau bisa jadi di buat jika cahayanya sedikit saja sudah ON .

Daftar Komponen :
R1,R2 = 10K
R3 = 1K
R4 = 4,7K
R5 = 2K2
R6 = 390 OHM
VR = TRIMPOT
LDR = SEMBARANG TYPE.
C1 = 25 UF/25V
D1 = OA91
Q = 2N3634
CATU DAYA = DC 9 V – 12 V

2 comments:

Anonymous said...

trimpotnya brp sih hambatan na?

zulfantho said...

zulfantho mengatakan...

Saya membutuhkan saklar auto matis sun switch dengan input DC 11-12 V dan output DC 11-12 V.
Saklar ini saya pergunakan untuk output lampu taman automatis dengan suplay baterai 12 V dc yang dicharge menggunakan solar cell.

Post a Comment