Wednesday, July 22, 2009

Membuat Lampu Penerangan Darurat Otomatis

Listrik di rumah kita tidak selamanya menyala pepatah mengatakan TERUS TERANG TERANG NGGAK BISA TERUS TERUSAN , ini terbukti kadang lagi enak enaknya kita nonton tv, baca koran, denger radio, main game , tiba tiba lampu padam..mana lilin lupa di mana naruhnya, kamar gelap gulita wah… repot pokoknya. Akhirnya saya menemukan solusinya yaitu membuat penerangan darurat tapi jangan salah lampu penerangan darurat ini bukan sembarangan karena ini merupakan lampu darurat yang pintar, kenapa di bilang pintar :
  1. Lampu ini akan secara otomatis menyala jika tiba tiba listrik padam.
  2. Lampu penerangan darurat ini akan padam kembali jika listrik sudah menyala.
  3. Bebas perawatan dalam pengertian kita tidak perlu menengoknya setelah di pasang pada tempatnya.
Lihat gambar sekema di bawah ini:

Update. Lampu emergency dengan neon klik di sini

Penjelasan :
D1 dan C1 adalah penyearah , dari R1 dan D2 mengalir arus yang kecil untuk menopang aki 12 V sehingga aki selalu dalam kondisi siap, sudah jelas bahwa aki ini berfungsi untuk menyalakan lampu jika listrik padam.

Cara kerja :
Jika listrik padam maka trafo tidak mendapat tegangan listrik PLN , R2 dan R3 sekarang menyumbat. Keadaan sekarang menjadi gelap gulita maka LDR pun menjadi bekerja nilai hambatan LDR menjadi besar membagi tegangan R4 dan R10 sekarang daya di ambil alih oleh aki 12 Vmaka lampu penerangan darurat pun menjadi menyala . Bagaimana jika siang hari tapi listrik padam ?. Lampu penerangan ini akan tetap padam karena LDR belaku seperti resistor Ohm rendah.


Daftar komponen :
R1 = 1K
R2, R4 =47 K
R3,R5.R6,R8,R9 = 10 K
R7= 470 OHM
LDR = SEBARANG TYPE
C1= 100 UF/25V
D1,D2 =1 A
Q1,Q2,Q4,Q5 = BC 547
Q3 = BD 139
LAMPU MOBIL 12 V/10W
AKI 12 V

Nah sekarang jika listrik padam ngak perlu lagi kerepotan cari lilin , korek api , senter karena sudah ada lampu penerangan darurat pintar ini. Bisa bertahan berapa lama lampu penerangan ini menyala tergantung kekuatan aki.

24 comments:

Anonymous said...

bisa nggak rangkaian ini untuk lampu XL 5 sd 18 watt..
itu travonya berapa Ampere?
kalo akinya 2 buah terus kerjanya gantian misalnya tiap 30 menit sekali, bgm? soalnya listrik di daerah saya suka matinya lamaaa....
tks.

lowoijo said...

kalo di pasang XL ( neon maksudnya Ya..pak ) kayaknya nggak bisa. karena di prototype nya memang bebannya lampu mobil yang ada reflektornya , trafonya ukuran 12V/ 500mA sudah cukup , akinya satu aja dah cukup misal pakai yg aki timbal 4,5 Ampere kuat bertahan salama 3-4 jam lho..pak, masih kurang lama pakai aki yg lebih gede lagi, tapi ( repot bawanya ) misal aki truk gandeng.. kuat 2 hari 2 malam pak..he..he.. maap becanda pak..

Anonymous said...

sy punya aki 12v 70AH bisa gak?
tks...

lowoijo said...

saya kira bisa Pak, dengan aki 0,5 aH saja bisa menyalakan lampu 10 W selama kira kira setengan jam.

Anonymous said...

Pak... maksudnya itu bukan lampu neon (TL) tapi lampu philip XL (lampu hemat energi itu lho...)
mohon di bantu skema nya...
tks...

lowoijo said...

Skema lampu hemat energi XL belum punya Pak...

M said...

Slm knl pak..saya mau nanya Yang di maksud LDR itu apa ya? saya kurang tau maklum blum begitu tau banyak tentang elektro.

lowoijo said...

Salam kenal juga Ya.. LDR itu singkatan dari Light Dependent Resistor yaitu senjenis resistor
bedanya yaitu jika resistor itu pumya nilai hambatan yang tetap
tapi LDR punya nilai hambatan listrik yang berubah ubah tergantung dengan cahaya yang jatuh pada permukaan LDR
dalam keadaan yang gelap LDR punya hambatan yang sangat tinggi
( beberapa ratus Mega Ohm ) jika terkena cahaya maka hambatanya menjadi
Turun menjadi beberapa ratus Ohm tergantung kuat cahaya nya .

richie said...

mas bisa dibuatkan nge cut charge ke aki ga kalau aki sudah penuh biar ga over charge gitu aki kan sayang , thx before

Anonymous said...

maaf mas...klo seandainya AKI diganti sama tegangan batere kira2 bisa nggak ya??? berapa batere yg dibutuhkan???

oya satu lg mas...kalo diganti sama lampu biasa bisa nggak ya???

lowoijo said...

Buat mas Richie Akinya ngak akan rusak karena arus nya kecil saja.

For Anonymous bisa saja di ganti batre bagusnya pake betre nicad dengan voltase 12 v / 0,5 Ah minimal . Lampu cari yg 12 V juga.

Mbenk said...

mas rangkaian ini akan mencharge otomatis akinya ya kalo listrik PLN nyala?

Mbenk said...

Mas ini kluaran trafonya berapa volt ya??

lowoijo said...

Untuk Mr.Mbenk, rangkaian akan mencarger pada saat listrik PLN menyala , keluaran trafonya 12 V 500 ma sudah cukup.

Mbenk said...

Mas nanya lagi nii...
saya ingin menggunakan batere pada rangkaian ini,, kira2 batere jenis/merk apa yg bisa sekuat aki ya mas??

Anonymous said...

D1 & D2 diode zener atau biasa?

Anonymous said...

mas kira2 klu penggunaan lampu diganti dng led bgmn? trus berapa nilai R yg diperlukan jika sy menggunakan 100bh led, klu bs plus skemanya mas...he...he..(ngerampok nih ceritanya). makasih ya mas sebelumnya.

Anonymous said...

pak bisa ga ya aku beli rangkaiannya dari bapak aja,soalnya kurang ngerti cara pembuatan pcb,disamping itu d tempat ane alat2nya susah didapat.

Anonymous said...

mohon maaf pak,bs ga aku beli jadi rangkaian/kitnya dari bapak aja?

BANG ZHEN said...

ldr ada polaritasnya nggak mas...?

joebae said...

mas kw mw buat emergency dr neon gmna mas?pke aki 12v 70AH,sya prnah beberapa X bkin tp gagl trus,ad yg nyla tp kmponenya tuh hot bgt,mhon pyunjuknya mas.

Andika Kesuma said...

Mas Klo Buat listrik Rumah Gmn ya Rangkaiannya..

Pa yang dirubah atau ditambah..
Tolng emailkan ya mas andika.akra@gmail.com

Anonymous said...

pke trafo bks cd bsa gak ia

Anonymous said...

kalo mau buat lamnpu darurat otomatis dengan beban 20 lampu bohlam @5 watt gimana gan?? minta bantuannya.. hehehehehehe

Post a Comment