Wednesday, July 29, 2009

Meredupkan Lampu Penerangan

Rangkaian sederhana ini sangat cocok untuk berbagai keperluan boleh di bilang sebagai rangkaian Universal, karena penerapanya bukan hanya sebagai peredup lampu saja tetapi bisa juga di pakai untuk mengatur kecepatan Bor Listrik, Pemanas Listrik, Motor listrik dan lain sebagainya. Tapi dalam gambar skema ini memang saya pasang beban Lampu karena hal ini lebih sering di gunakan dari pada penerapan lainya. Lampu yang saya gunakan lampu pijar ukuran 60 W dan sangat cocok di tempatkan pada meja belajar karena cahaya lampu ini bisa di atur dengan menggunakan Potensio Meter, sehingga kekuatan cahaya bisa di sesuaikan dengan mata kita sehingga tidak terlalu silau dan nyaman untuk belajar anak anak di rumah.

Daftar komponen:
R1,R2 = 10 K
R3 = 22 K
P (Potensio meter) = 50 K – 200K
C1,C2 = 0.1 UF
C3= 0.022 UF
D1 = 3 A- 5 A

Dalam skema terlihat garis putus putus ini boleh di pasang bisa juga tidak karena fungsinya hanya untuk jaga jaga kalau terjadi interferensi ( gangguan ) terhadap pesawat televisi atau radio pada saat kita sedang memutar mutar potensio meter.

Penjelasan SKEMA 2

Skema 2 fungsinya hanya untuk meredupkan lampu penerangan saja dan rangkaian ini sangat sederhana, biayanya murah untuk membuatnya, sangat cocok buat pemula seperti saya hanya membutuhkan sakelar dan sebuah dioda, saya sering gunakan rangkaian ini untuk lampu tidur jadi nggak perlu beli lampu tidur tapi gunakan satu lampu saja dan tambahkan rangkaian sederhana ini.

Cara kerja :
Jika sakelar ( switch ) tertutup maka lampu akan menyala normal jika sakelar terbuka seperti pada gambar skema maka lampu akan redup.

6 comments:

Ardi said...

bos ,itu scr apa triac??dilihat dari simbolnya scr,tapi kok simbolnya triac...dan serinya berapa?thanks bos sebelumya....ini emailku yah..Ardy_antoo@yahoo.com...

lowoijo said...

Maaf mas Ardi kalo simbolnya SCR tapi saya tulis TRIAC, tapi maksud saya komponen itu TRIAC , dan untuk serinya sembarang saja yang sanggup dilewati tegangan listrik PLN , kalo bisa cari seri SC41D.

triz said...

Mas lowo ijo..
sayang sekali gambarnya kecil bgt, gak bisa keliatan...

Syariva Maris said...

like...

joe localin said...

mas kalo ngak pake dioda gimana ??

Haldis Gunawan said...

Tolong dunk mas pasang gambar rangkaian yg tinggal dipasang di pcb coz sy ga ngerti klo gambar spt... bisa ga ya dipasang di motor mesin jahit... trims

Post a Comment