Friday, July 24, 2009

Sentuhan dan raba-an yang menyebabkan ON

Dengan menyentuhnya dan meraba dengan jari maka akan menyebabkan on, karena sedemikian pekanya hal ini bisa terjadi hal ini di sebabkan pada saat kita meraba dengan jari maka arus yang sangat kecil mengalir dalam basis emitor Q1 , arus kolektor di Q1 sudah cukup besar untuk mengaktifkan seluruh system . Q2 dan Q3 berfungsi untuk men triger Q4 yang akan meyebabkan relay bekerja . Relay ini dapat di ganti dengan beban lainya misalnya lampu.

Pada saat sentuhan kita lepaskan dari kontak maka arus akan berhenti dan beban ( relay ) akan off. Hal ini di sebabkan karena arus basis Q1 berhenti mengalir maka basis Q2 pun tidak lagi mendapat tegangan sehingga Q2 menyumbat , Q3 menarik arus lewat R3 hingga Q3 ini pun menghantar maka mengakibatkan tegangan emitor naik. Karena efek umpan balik maka Q2 pun di percepat menyumbatnya , sementara itu tegangan kolektor di Q3 menurun hingga akhirnya tidak dapat menjankitkan arus di basis Q4 maka Q4 ini pun menyumbat dan relay off.

Saya yakin dari sekian pembaca bertanya bagaimana supaya pada saat kita sentuh relay menjadi ON dan saat sentuhan di lepaskan tetap ON ? .

Seperti penjelasan di atas bahwa relay bisa di ganti dengan beban lain, untuk itu supaya rangkaian tetap ON saat sentuhan jari dilepaskan kita butuh TRIAC bisa juga SCR salah satu contoh rangkaian ini bisa di lihat pada postingan sebelumya .

Kita bisa pasangkan rangkaian Touch switch ini dengan dengan rangkaian ini.

Daftar Komponen :
R1,R5 = 22K
R2 = 470K
R3 = 1K
R4 = 150 OHM
R6 = 12K
Q1,Q2,Q3,Q4 = BC 108.



Selamat ber Experiment.

0 comments:

Post a Comment