Saturday, September 12, 2009

Inverter DC to AC dengan IC 4047

Inverter DC to AC adalah rangkaian yang dapat merubah arus listrik DC menjadi AC dalam hal ini arus DC 12 Volt menjadi AC 220 Volt. Pada postingan yang sebelumnya saya sudah berikan gambar skemanya, tetapi pada postingan sebelumnya itu masih ada kekuranganya yaitu daya yang dihasilkan hanya kecil dan frekwensinya tidak full stabil hal itu tergantung dari kapasitor 0,1 uF. Jika kapasitor itu tidak stabil nilanya maka frekwensi yang di hasilkan juga tidak stabil. Semestinya frekwensinya yaitu kira kira 50 Hz. Untuk mengetahui frekwensinya tentu saja harus di ukur dengan alat yaitu Frekwensi Meter.( Di lain kesempatan akan saya berikan skema Frekwensi Meter ).

Skema Inverter DC to AC yang berikut ini mempunyai daya yang lebih besar dan cocok untuk beban beban yang berat dan peka terhadap perubahan frekwensi listrik misalnya Komputer. Dalam skema ini dilengkapi dengan VR ( Variabel Resistor ) sehingga frekwensinya bisa di atur dengan VR itu. Sedangkan IC 4047 berfungsi sebagai Osilator.

Transistor 2N 3055 membutuhkan 6 transistor yaitu 3 untuk Q5 dan 3 lagi untuk Q6. ( pasang plat pendingin ).


Daftar Komponen :
R1, R2 = 470
R3, R4 = 0,5/5W
VR = 200 K
C1 = 0,1 uF
Q1, Q4 = BC 141
Q2, Q3 = BD 243
Q5 = 3 x 2N 3055
Q6 = 3 x 2N 3055
IC 1 = 4047
TRAFO = 12 V CT / 20 A

10 comments:

Anonymous said...

mas untuk trafony, bisa ga aku pki yg 4 Amper???
thx sblmnya n lam knl mas

lowoijo said...

Prototype nya sih pakai 20 a. Tapi boleh di coba untuk experiment.

Anonymous said...

mo tanya mas, untuk baterai yg jenis apa dan berapa ampere ?? dan jg output AC nya berapa watt maksimum

Anonymous said...

mo tanya mas, untuk baterai yg dipakai jenis apa dan berapa ampere ?? dan juga output AC nya kira2 berapa watt maksimum ?

Akatzuky said...

mas kalo pake accu mobil + trafo make 1o ampr''' berapa watt////????

Riduansyah said...

salam kenal mas,saya ridwan, mengenai: Transistor 2N 3055 membutuhkan 6 transistor yaitu 3 untuk Q5 dan 3 lagi untuk Q6. ini maksudnya 3 Tr tsb dijadikan satu atau gimana mas,maaf saya masih awam, tapi coba-coba bikin. terima kasih sebelumnya mas

lowoijo said...

Benar mas Ridwan maksudnya Q5 ada 3 transistor yang di pararel jadi satu , Q6 juga begitu , jangan lupa pakai heatsink ( sirip pendingin )

Anonymous said...

salam kenal, mas saya rezon. mas saya mau tanya? masukan positif ke IC 4047 kok gak ada ya mas?

untuk transistor 2N3055 klo beda merek boleh gak?

mohon di balas..
terima kasih sebelumnya

Anonymous said...

sori , buat ic 4o47 kan susah dicari. persamaan nya pke ic tipe apa ya?

Anonymous said...

Iktn tanya dunk mas. Bgmna rangkaian menurunkan aki 6v ke 1.5v terimakash

Post a Comment