Tuesday, September 22, 2009

Berkenalan dengan Open Office

Open Office adalah sebuah aplikasi kantoran yang sanggup menadingi aplikasi keluaran Microsoft, jika Microsoft mempunyai Excel maka Open Office mempunyai Calc , jika Microsoft ada Word, Open Office pun ada Writer, Microsoft punya Power Point maka Open Office punya Impress , jika Microsoft punya Access untuk menangani data base maka Open Office pun punya Base.

Mungkin dari sekian banyak pengguna komputer masih segan untuk beralih ke Open Office , sebelumnya pun saya juga merasakan hal yang sama tetapi setelah saya mencoba sendiri Open Office saya merasakan bahwa Open Office merupakan aplikasi gratisan yang sangat hebat. Sekarang saya bahkan lebih sering menggunakan Open Office. Jika anda saat ini masih menggunakan aplikasi Excel bajakan, saya sarankan untuk mencoba aplikasi Open Office ini, Jika ada yang gratis kenapa harus bayar .

Feature Open Office yang paling saya suka yaitu dapat meng konversi ke file pdf, bisa menjadi editor file pdf dengan menambahkan Extension manager ( kalo di Firefox seperti Add-ons ) dan banyak lagi kelebihan lainya. Versi terbaru Open Office saat saya menulis yaitu versi 3.1.1. ukuran filenya kira kira 153 Mb saya mendownload memerlukan waktu 1,5 jam. Jika koneksi internet anda lambat maka bisa lebih lama.

Jika anda ingin bermigrasi dari Aplikasi Microsoft ke Open Office jangan kawatir karena semua dokumen punya Microsoft akan langsung dapat di buka dengan Open Office. Tetapi file Open Office tidak bisa di buka dengan Aplikasi Microsoft.

Setelah sedikit berkenalan dengan Open Office maka untuk postingan pada blog saya akan di tambahkan kategori postingan Tips Open Office dan akan membahas mengenai penggunaan Open Office terutama Spreadsheet. Kita akan belajar bersama sama tips menggunakan Open Office Calc.

Menjumlahkan angka.

Kita di minta untuk menjumlahkan angka di sel C5 sampai L15 sehingga hasilnya terlihat pada gambar di bawah ini :


Bagaimana rumus formulanya download di sini jawabanya. File type ODS hanya bisa di buka pakai Open Office.

0 comments:

Post a Comment