Saturday, November 7, 2009

Penguat Mikrofon Dengan AGC

Penguat mikrofon ini boleh di bilang punya keistimewaan yaitu menggunakan AGC ( Automatic Gain Control ) yang berfungsi untuk menjaga supaya level output tetap konstan dan jelas suaranya walaupun si pembicara ini berbicara dalam jarak yang jauh dari mikrofon atau sebaliknya si pembicara ini berbicara dalam jarak yang dekat dengan mikrofonya .

Rangkaianya cukup sederhana saja , murah biaya pembuatanya dan cocok di terapkan untuk modulator pemancar radio, pengeras suara umum, atau untuk karaoke . Penguat yang sebenarnya di kerjakan oleh transistor Q2 yang di rangkai sebagai common emitor, sinyal output di ambil dari kolektor dan sebagian sinyal output di umpankan melalui emitor follower Q3 ke penyearah puncak yang menggunakan DUS dan kapasitor 47 uF tegangan di kapasitor ini di gunakan sebagai pengontrol arus basis transisistor Q1 yang bekerja sebagai peredam input. Jika level input kecil maka tegangan di kapasitor juga kecil , maka transistor menarik arus juga sedikit jika level sinyal input besar maka tegangan kapasitor juga besar transistor pun menarik arus besar , sinyal input pun di redam jika sinyal input meningkat terus maka peredaman di bagian input semakin besar , sehingga sinyal output tetap konstan.

Rangkaian penguat Mikrofon dengan AGC ini menggunakan transistor TUN( Transistor Universal NPN) saya gunakan BC108 silahkan saja jika pingin di ganti dengan transisitor TUN seri lain nya begitu juga dengan DUS( Dioda Universal Silicon) silahkan jika mau di ganti dengan DUS seri lainya.


Daftar komponen :
R1,R7 = 10K
R2 = 100K
R3 = 27K
R4,R6 = 2K2
R5 = 1K
R8 = 680 Ohm
C1 = 10uF/16v
C2,C3,C4 = 47uF/16V
D1, D2 = DUS( Dioda Universal Silicon) 1N 4148
Q1,Q2,Q3 = TUN( Transistor Universal NPN) BC 108

0 comments:

Post a Comment