Saturday, November 21, 2009

Monitor Tegangan Accu

Rangkaian di bawah ini berfungsi untuk memonitor tegangan accu mobil walaupun bisa juga di gunakan untuk motor. Tegangan accu mobil yang melemah bisa di sebabkan oleh beberapa faktor misalnya : kelebihan beban yaitu terlalu banyak lampu variasi , ac, tape/ Radio dll. Bisa juga di sebabkan karena memang elemen nya sudah soak/ lemah.

Dengan menggunakan Monitor Tegangan Accu ini maka kita bisa selalu mengetahui kondisi tegangan accu, apakah tegangan dalam keadaan lebih , normal , atau kurang. Jangan sampai accu mobil sudah lemah teganganya dan tidak bisa di start, akhirnya.... anak , istri, kakek , dan tetangga ramai ramai di suruh olah raga dorong mobil. :)

Dengan di pasangnya rangkaian monitor tegangan ini hal itu bisa di hindari.

Rangkaian menggunakan 3 buah led warna merah, hijau, dan kuning. Jika led merah menyala menunjukan tegangan lebih, led hijau berarti tegangan normal, led kuning berarti tegangan kurang.

Ground ( - ) di hubungkan ke chasis ( + ) di hubungkan ke kontak sehinga peralatan ini hanya akan ON jika kendaraan sedang di gunakan saja.

Daftar komponen :

R1 = 100 Ω
R2, R5 = 10 K
R3 = 470 Ω
R4 = 680 Ω
C1 = 100 uF/25V
D1, D2 = 6,8V ZENER
D3 = LED MERAH
D4 = LED KUNING
D5 = LED HIJAU
D6 = 1N914
D7 = 11V ZENER
Q1, Q2 = BC549

3 comments:

rianto said...

Bagaimana sih prinsip kerja , trus kok bisa pada saat tegangan menurun lampu kuning akan nyala

Tonny said...

Mas Lowoijo,
Saya sudah mencoba merangkai alat ini dan hasilnya :
- Saat kontak ON led kuning menyala.
- Saat Mesin hidup led kuning dan hijau menyala.
- Saat di gas led kuning, hijau dan merah menyala, tapi led merah nyalanya redup.
Apakah memang demikian cara kerja alat ini..?? jadi bukan nyala bergantian.
Terima kasih atas infonya dan pencerahannya,

Salam,
Udiarto

lowoijo said...

Mas Udiarto led memang menyala sesuai dengan tegangan aki jadi kalu tegangan aki rendah led kuning menyala kalau tegangan normal led kuning dan hijau menyala bersama, tegangan lebih led kuning hijau dan merah neyala, pada saat motor di di gunakan / di gas terjadi pengisian pada aki yang di lakukan oleh dioda kiprox ( sebutan umum ) sehingga nyala led pun akan berubah ubah karena tegangan aki juga berubah pada saat kendaraan di pakai. kira kira begitu mas Udiarto .

Post a Comment