Thursday, October 29, 2009

Tone Control Sederhana

Tone control merupakan rangkaian yang berfungsi untuk mengatur nada rendah dan nada tinggi atau biasanya di sebut bass dan treble. Sebelumnya sudah pernah diposting sebuah amplifier sederhana , postingan berikut ini merupakan rangkaian tone control sederhana yang terdiri dari 3 potensio meter , 4 resistor dan 7 capasitor. Hasilnya sudah cukup lumayan jika di gabungkan dengan amplifier sederhana yang sebelumnya sudah pernah di posting. VR 1 berfungsi sebagai Volume dan dilengkapi dengan sakelar Loudness. VR 2 sebagai pengatur nada Treble dan VR 3 sebagai pengatur nada Bass. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan skemanya berikut ini :

Daftar komponen :
R1,R2 = 6K8
R3 = 680
R4 = 5K6
VR1 = 50K CT
VR2, VR3 = 50K
C1 = 4n7
C2 = 10nF
C3 = 4,7 uF
C4 = 2n2
C5 = 15 nF
C6 = 40 nF
C7 = 100 nF

6 comments:

Anonymous said...

maksudnya apa??? cara gabungin dngan ampli sederhana bgmna ???

lowoijo said...

cara gabunginya input tone control sebagai masukan untuk sumber audio bisa dari apa saja misal radio, tv , komputer , cd player dll. output tone control di hubungkan ke input amplifier sederhana yang rangkaianya ada di potinga blog ini juga.

Anonymous said...

Kalau outnya itu cuma 1 arus ya pak? Biasanya kan 2 arus.

Anonymous said...

tentang 1 arus / 2 arus, tinggal dibuat 1 rangkaian lagi sehingga menjadi stereo

taruna said...

mau tanya nih, kalau VR CT itu cara merangkainya bagaimana ya? apa itu merupakan VR biasa yang dikasih cabang atau memang seperti itu dari pembeliannya.

Unknown said...

Permisi...
Pak mau tanya, pertanyaan pertama: Saya mau gabungin antara Tone Control sama Amplifier sederhana (tpi saya bikin stereo) nah gabunginnya bagaimana apa output dari Tone di bikin bercabang gtu.?
Pertanyaan kedua: Klo ngehubungin ke laptop/HP pakek konektor kan.? klo gan salah kabelnya ada 2, itu nyabung ke tonenya gmana pak..?

Terimakasih Banyak Sebelumnya.

Post a Comment