Sunday, November 15, 2009

Membuat Megaphone Sendiri.

Peralatan yang satu ini memang hampir tidak tidak ada gunanya sama sekali di saat hari hari biasa tetapi peralatan ini akan sangat berguna pada saat kita ada kegiatan misalnya : kemping, berkemah, mendaki gunung, upacara, olah raga, atau sering kita lihat peralatan ini di gunakan para mahasiswa untuk berdemo , jadi jelasnya peralatan ini sangat di perlukan pada saat ada kegiatan “ Out Door “.

Nah.. pada kesempatan kali ini saya akan berikan rangkaian Megaphone yang jika di lihat sebenarnya sangat sederhana dan murah biaya pembuatanya dari pada membeli yang sudah jadi.

Rangkaian Megaphone ini sebenarnya sama seperti rangkaian Amplifier biasa dayanya juga tidak terlalu besar supaya tidak boros, karena Megaphone adalah peralatan yang sifatnya portable maka harus di catu menggunakan bateray tapi dalam keadaan tertentu bisa saja menggunakan aki sebagai catu dayanya. Untuk itu sebaiknya di sediakan konector atau jek untuk aki.

Rangkaian intinya menggunakan IC LM380 yang mempunyai spesifikasi : penguatanya sebesar 34 dB ( 50X ), Output 2,5 – 10W.


Kemudian untuk microphone nya sebaiknya menggunakan microphone type dynamic jangan menggunakan type kondensor karena jika menggunakan type kondensor biasanya akan feed back, untuk speaker sebaiknya menggunakan type Midrange yang modelnya seperti corong , kenapa harus menggunakan type midrange ? Karena memang telinga manusia lebih peka terhadap frekwensi tengah, lagi pula kita memang tidak membutuhkan suara bass dan treble yang berkualitas seperti saat kita mendengarkan suara sound system .

Dalam pembuatanya rangkaian , bateray dan microphone di masukan dalam satu kotak bisa menggunakan kotak walky talky , untuk speaker midrange di buat terpisah. Jika catu daya ingin menggunakan aki maka akan lebih ekonomis.


Daftar komponen :
R1 = 22K
R2 = 3K3
R3 = 8K2
R4 = 1K
R5 = 10K
R6 = 2K7
VR = 50 K
C1,C5 = 0,1 uF
C2 = 10 uF
C3 = 330 uF
C4 = 4,7 uF
C6 = 470 uF
Q1 = BC109
C7 = 1000 uF
IC1 = LM380
SW = Sakelar.

6 comments:

Anonymous said...

Pagi Pak..
Saya mw tanya lagi....
Kaki pada IC nomor 6,9 dan 13 dihubungkan kemana ya?tolong diberi informasi pak...thanks
ronald2abba@yahoo.com

lowoijo said...

pagi juga Pak Ronald, kaki no 6 terhubung dengan catu - ( min ) kaki 9 dan 13 tidak terpakai.

ipul said...

pak , cara bikin rangkaian gimana sih? kayak resistor terus dikasih transistor dan ditambah lagi ama kondensator terus jadi sesuatu itu gimana cara ngitungnya .... bingung sya pak...

lowoijo said...

Buat Pak Ipul pembuatan rangkaian elektronika harus mempelajari tiap komponen elektronika dari fungsi dan kegunaannya secara mendalam , baru nanti anda bisa menciptakan suatu rangkaian tertentu , kalo mau ya.. harus masuk sekolah jurusan elektro begitu kira kira pak..

INFRAMe said...

saya sudah bikin sesuai dengan skema agan tapi kok gak bisa ya ?

Unknown said...

Bagus pak simple cuman suaranya g begitu lantang..kemarin q bikin pakek sistem ot berhasil pak dan bunyinya kenceng banget..microphonya pakek spoll micropone dynamic yang besar..

Post a Comment