Saturday, October 3, 2009

Membuat Crossover Active

Crossover Active berfungsi untuk memisahkan nada rendah dan nada tinggi pada audio sehingga akan dapat dihasilkan kualitas suara yang lebih baik. Di pasaran umumnya menggunakan Crossover Pasive yang pembuatanya menggunakan kumparan kawat email dan Capasitor, tapi ternyata Crossver Pasive jenis ini kualitasnya sangat buruk. Pada kesempatan kali ini akan saya tampilkan sebuah skema Crossover Active yang tentu saja mempunyai kualitas yang lebih baik dari pada Crossover Pasive, Skemanya sederhana saja dan dapat di buat dengan biaya murah dapat dirangkai pada PCB Universal yang gampang di dapat di pasaran.

Untuk pemasangan Crossover Active ini yaitu Output dari Crossover Active ini di hubungkan ke Power Amplifier dan setiap Amplifier ini akan menggerakkan Speaker Tweeter dan Woofer, posisinya dapat diletakan di antara Equalizer dan Amplifier, untuk lebih jelasnya lihat skemanya Crossover Active dan gambar blok diagram pemasanganya, pemasangan blog diagram ini tidak mutlak harus seperti pada gambar bisa saja Tone Control di hilangkan atau bisa juga di tambahkan Skema Surround Active seperti yang sudah pernah di posting sebelumnya, jadi silahkan di modifikasi sendiri untuk pemasangan blok diagramnya. Lihat Gambar skemanya di bawah ini :


Daftar Komponen:
R1,R4,R7,R8 = 220 K
R2 = 390 K
R3 = 2K2
R5, R10 = 100 K
R6 = 150 K
R9, R13 = 4K7
R11 = 3K3
R12 = 100K
C1 = 5 uF
C2, C3 = 330 pF
Q1, Q2, Q3 = BC109.

5 comments:

Anonymous said...

Makasih pak infonya....

Saya ingin membuat nya tapi apa boleh buat.... nggak ada dasar ilmu elektronika. maktu saya masuk SMK keterima jurusan komputer....

Anonymous said...

salam knal bro,.. mo nannya nih,........
kalo di atas kan Crossover Active (pembagi) dari power ke spkerr yah,...!
kalo untuk Crossover Active (pembagi)dari 2 line stereo (R) & (L) menjadi ke sytem digital ada ga ! kan kalo dalam sytem digital itu ada beberapa yah : standar line (R) & (L, Woofer, Line Center ama Line Surroung.

Bagi tips ama skemanya bro ! tolong !

trims,.. sblumnya (iish, jkt)

lowoijo said...

belum punya bro.. untuk crossover system digital.

Anonymous said...

mantab! makasih sharing nya bro...
nyoba ach... :)

azmif-gogreen said...

gan punya layout pcbnya ga? ane mau coba bikin :D

Post a Comment