Sunday, June 7, 2009

Koneksi Internet Dengan PCLinuxOs.

Koneksi internet dg Linux susah ?! . Itu adalah anggapan sebagian besar pengguna komputer padahal kenyataanya sangat mudah . Ini merupakan pengalaman pribadi pada saat saya menggunakan Linux, Distro PC LinuxOS 2007 , pada waktu itu saya menginstal 3 Operating system yaitu Windows Xp, Windows 2000, dan PC Linux OS 2007 pada komputer saya , saat ini Windows 2000 sudah saya hapus tinggal 2 Operating System Windows Xp dan PC Linux OS 2007.

Apa keuntungan pakai Linux sih , tanya teman saya, Linux adalah gratis , tidak membutuhkan banyak resource , handal, aman jika ada razia software bajakan. Tanpa panjang lebar langsung saja ikuti langkah langkah berikut ini :

1. Pastikan komputer sudah terpasang PC Linux OS 2007. (Versi terbaru 2009 sudah di rilis tapi masih versi beta).

2. Klik pada pojok kiri bawah kalau di Win xp menu start untuk PC linux bertuliskan PC.

3. Pilih Internet, Remote Access, Kppp . Muncul jendela KPPP.


4. Klik Configure , muncul jendela Kppp Configuration . pada tab Accounts pilih New .


5. Terbuka jendela Create New Account , pilih Manual Setup .


6. Muncul lagi Jendela menu New Account , Pada Connection Name isilah terserah contoh saya isi indosat3G . Kemudian Phone Number isi dg dial up Number saya pakai *99# klik pada tombol add untuk mengisi nomor dial Up. Selesai tutup semuanya sisakan jendela menu Kppp Configuration.


7. Klik Tab Modems klik New pada isian Modem name isi terserah anda saya isi k530i karena saya pakai modem ponsel SE K530i kemudian Modem device pilihlah /dev/ttyACM0 .


8. Klik lagi Tab Modem sekarang coba Klik tombol Query Modem untuk mencoba jika modem ( ponsel ) anda terdeteksi berarti setingan anda berhasil.


9. Terakhir buka KPPP isi Login ID dan Password klik Tombol Connect dan Jreng.. Internet sudah tersambung.


Tambahan anda tidak membutuhkan PC Suite untuk koneksi internet ini jadi saat ponsel di tancapkan kabel data dan di hubungkan ke komputer ponsel langsung terdeteksi .

Semoga bermanfaat .

0 comments:

Post a Comment